Inilah Sejarah SMAN 1 Tangerang di Balaraja

SEJARAH SEKOLAH

Usaha untuk mendirikan SMA di Balaraja didukung dan mendapat sambutan yang baik dari pemerintah setempat yaitu Tritunggal Wilayah Balaraja. Kemudian SMA Negeri 27 Jakarta Filial Balaraja didirikan dengan persetujuan Kepala Kabin SMA DKI Jakarta mulai tahun ajaran 1965/1966.

Pendirian SMA Negeri Balaraja mempunyai beberapa alasan diantaranya adalah:

Didorong oleh kesadaran dan hasrat ingin maju dari masyarakat Balaraja bahkan juga masyarakat sekitarnya.
Mengingat di Kabupaten Tangerang pada waktu itu SMA terbatas hanya ada di wilayah kota kabupaten saja, sedangkan kesadaran dan hasrat ingin maju telah meluas sampai jauh kepelosok desa, sedangkan jarak antara Kecamatan Balaraja dan Kota Kabupaten Tangerang sejauh 25 KM.

Pendirian SMA di Balaraja dimaksudkan pula sebagai realisasi cita-cita ke arah pemerataan kesempatan kerja.

Pada saat pendirian SMA Negeri Balaraja belum memiliki bangunan, sehingga dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah Bapak Erawan Merta Atmaja yang kebetulan beliau juga sebagai pendiri SMA Negeri Balaraja tersebut.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pendidikan maka dari tahun ke tahun SMA Negeri Balaraja jumlah siswanya semakin bertambah, maka dari itu tempat yang mulanya dirumah sudah tidak memungkinkan lagi. Oleh karena itu penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke SMP Negeri Balaraja. Kemudian pada tahun 1969 atas dasar swadaya masyarakat dan pemerintah setempat maka dibangun dua lokal yang letaknya di kompleks lapangan olahraga Balaraja.

Dalam perkembangan selanjutnya dengan semakin meningkatnya jumlah murid maka SMA Negeri Balaraja kekurangan lokal tempat belajar, akhirnya dengan bantuan Gubernur DKI Jakarta, sekolah mendapat satu unit bangunan lengkap dengan peralatan yang diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1976.

Atas dasar perkiraan bahwa pada tahun 1978 dan tahun berikutnya jumlah murid SMA Balaraja akan mengalami peningkatan, maka pada pertengahan tahun 1977 bangunan SMA Balaraja ditambah lokalnya sebanyak 6 lokal. Selanjutnya pada tanggal 23 September 1978 berdasarkan Surat Keputusan No.0298/0/1978 sekolah ini resmi menjadi sekolah negeri yang bukan merupakan filial dari Jakarta, yang kemudian diberi nama SMA Negeri Balaraja. Sejak tahun 2010 SMA Negeri Balaraja bernama SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang.
Sumber: http://sman1kabtangerang.sch.id/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s